Sunday, December 1, 2019

"GEMPITA WISUDA GENDERANG PERANG LAWAN KETERBELAKANGAN"

"GEMPITA WISUDA GENDERANG PERANG LAWAN KETERBELAKANGAN"
Oleh: Abdul Manan Marda
Bersyukur kehadirat Ilahi yang Maha Tinggi, yang Maha bijaksana, atas karunia kebergairahan menuntut ilmu para kader-kader Nahdlatul Wathan. Salah satu bukti nyata, gempita wisuda IAIH NW Lombok Timur menjadi salah satu bukti nyata akan nikmat Allah yang telah menganugerahkan anak bangsa semangat dan antusias dalam menuntut ilmu, khususnya ilmu agama yang akan dibawa pulang menjadi bekal hidup dan berkehidupan, bahkan yang terpenting mengantarkan kita kepada keridoan Allah dan jannah-Nya.
Hari ini viral di medsos expresi syukur atas terselesainya jenjang akademik strata satu dari kampus Institut Agama Islam Hamzanwadi ini. Aura dan bias semangat para wisudawan- wisudawati menjadi aura dan bias positif untuk derap langkah perjuangan. Sebagaimana nama dari perguruan Tinggi ini, HAMZANWADI, adalah representasi dari semangat awal yang dikobarkan oleh sang pendiri, Maulanasyaikh. Bersyukur dan beruntunglah para wisudawan dan wisudawati dapat menuntaskan perjuangan menuntut ilmu yang tentunya insyaAllah memperoleh keberkahan dari Sang Pendiri yang tidak lain seorang ulama sekaligus pahlawan Nasional.
Wisuda adalah awal dari langkah baru di dunia baru. Selamat tinggal keterbelakangan menuju masa depan yang lebih unggul dan gemilang. Pasti para yang berbahagia wisudawan wisudawati menyadari betul bahwa tak kan bisa berada di ruangan dan suasana yang terhormat ini kalau saja cengeng-cengeng saat kuliah. Mereka telah menanamkan dalam hati tak akan bisa peroleh bahagia hari ini didoa, dikukuhkan, dijabat tangannya menerima ucapan selamat, sekiranya tidak kuat bertahan sampai menyelesaikan kuliah.
Optimisme begitu menyeruak kepermukaan menyaksikan kader-kader Nahdlatul Wathan diwisuda. Seakan membawa pesan, kami siap maju menjadi pejuang Islam menurut bidang dan talenta masing-masing dengan tetap mengibarkan panji merah putih dan panji Nahdlatul Wathan sebagai isyarat arah yang jelas perjuangan, demi kemajuan agama dan bangsa.
Disaat yang sama saya sering membayangkan bagaimana rasa bangga sekaligus haru dalam moment-moment akademik seperti itu. Bangga karena kesyukuran tiada terkira ditakdirkan Allah bisa menjadi bagian dari keluarga besar ngiring ulama warosatul ambiya Maulanasyaikh yang telah memulai gerakan dan kebangkitan tanah air yang dilabel beliau sebagai Nahdlatul Wathan. Sementara terharu kadang melihat siapa-siapa yang berada dibelakang kesuksesan kita, dialah orang tua termasuk guru.

Maka saya begitu menikmati ketika mendengarkan lagu "Titip Rindu Buat Ayah" yang dilagukan oleh penyanyi yang sudah melegenda Ebiet G. Ade. Saking mengesankannya lagu ini, mampu menyadarkan kita betapa peran ayah dalam kesuksesan kita, termasuk sampai bisa menyelesaikan pendidikan di perguruan tinggi, peran ayah tidak bisa disepelekan. Menariknya, di youtube, ternyata lagu ini juga banyak dipakai mengisi momen sakral akademik itu, untuk mengingatkan dan menyadarkan para wisudawan wisudawati betapa orang tua makhluk yang tidak pantas didurhakai. Bagaimana debgan sosok ibu? Penulis rekomendasikan lagunya Iwan Fals berjudul "IBU". kerren dan menyentuh.
Gempita wisuda Mahasiswa Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) NW Lombok Timur di Anjani, menjadi simbol peperangan kita melawan keterbelakangan, terus belajar dan berkarya, berbuat dan mengabdi adalah bagian dari cara kita melawan keterbelakangan. Semuanya akan indah pada waktunya, bila kita maksimalkan ihtiar dan doa. Semoga IAIH jaya menjadi pencetak generasi religius, berimtak dan beriptek. Semangat melanjutkan kiprah perjuangan guru besar kita Maulanasyaikh yang saat ini diteruskan oleh zurriyyat beliau Syaikhuna Raden Tuan Guru Bajang Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani LC MPdI, ketua umum PBNW sekaligus Rektor IAIH yang berwisuda hari ini.
SELAMAT KEPADA WISUDAWAN WISUDAWATI, SEMOGA MEMPEROLEH ILMU BAROKAH, BERMANFAAT BAGI DIRI, KELUARGA, ORGANISASI, AGAMA DAN BANGSA.
(Sabtu 3 Rabiul Akhir 1441 H/ 30 Nopember 2019 M)
Comments


EmoticonEmoticon