Tuesday, July 16, 2019

RINJANI WA MAA ADROOKA MAA RINJANI


Rahasia Tuhan Bagi RinjaniOleh: Prof. Dr. TGH.Fahrurrozi Dahlan QH. ,SS., MA


RINJANI WA MAA ADROOKA MAA RINJANI

"Pulau Sasak kecil sekali
Tapi gunungnya besar dan tinggi
Kalau-lah orang pandai mengkaji
Pastilah sujud seribu kali"


Lebih dari 20 tahun yg silam, tepatnya pada hultah NWDI yang ke 60 saya mendapatkan ijazah Doa oleh al-Magfurulah Maulanassyaikh TGKH. Muhammad Zainuddin AM, yaitu DOA ASSIRRU ARROBBANY BI RINJAANY AL ANFENAANY.
Kalau diterjemahkan nama doa ini, kira2 begini terjemahannya: Rahasia Tuhan bagi Rinjany Al-Anfenaany. Saya mencoba mengurai makna di balik teks ini:



Pertama: Rinjani Simbol ketinggian dan kemuliaan. Logika Al-Quran Wal jibaala autaada. Gunung-gunung menjadi pasek/penegak bumi.



Kenapa Gunungnya lebih besar dari bumi yang ditopangnya? Apa rahasia Allah di balik ini?
Rabu, 17 Juli 2019

Gunung Rinjani adalah gunung berapi yang masih aktif tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian lebih dari 3200an meter di atas permukaan laut, Rinjani menjadi satu-satunya gunung berapi aktif di Indonesia yang kawahnya tetap menggelegar di dalam perut bumi sepanjang tahun. Dengan ketinggian 3200 meter DPL, sementara pulau yang ditopangnya hanya sekitar 100 km/segi, Artinya Gunung Rinjani Gunung tertinggi Di bumi Allah ini sebab bilangan pembaginya lebih kecil dan sedikit. Lihat Gunung Himalaya memang tinggi tapi lihat benua yang ditopangnya sungguh besar dan luas berarti secara pembagian faraidh Gunungnya menjadi kecil dan rendah.



Di Indonesia sendiri, terdapat Gunung Jayawijaya di Irian Jaya (Papua/Irian Barat) menjadi gunung tertinggi. Namun melihat pulau Irian Jaya yang sangat luas maka tidak sebanding juga dengan ketinggian gunung tersebut, selain itu gunung Jaya Wijaya adalah gunung berapi yang sudah tidak aktif lagi.
Kedua: redaksi Rinjani adalah Diri Maulanassyaikh Sendiri nama samaran yang sesungguhnya mencerminkan kemerendahan/ Tawaddhu' Maulanassyaikh untuk tidak mengatakan diri beliau memiliki keutamaan dan ketinggian yangg tak tertandingi (ibn zamaanihi/ sibawaihi zamaanihi/ baqiyatussalafi assholeh dan banyak lagi gelar yg diberikan oleh waliyullah terhadap diri beliau. Saya mengatakan demikian Coba lihat Sifat dari Rinjani Al-Anfenaany. Kebiasaan dalam bhs Arab benda2 besar dan tak terjangkau umumnya Sifatnya muannats. Jadi semestinya Rinjani al-Anfenaniyyah Rinjani yg dinisbahkan di lembah anfenan. Tapi redaksinya Rinjani al-Anfenaany.



Sebutan ini beliau sebut minimal 3 kali:



1) Dalam kitab Nahdhatuzzainiyyah: yaquulu rooji afwa robbihil majid ALANFENAANY najlu abidilmajid.



2) Dalam Doa ilmu dasar: Nahdhatul Wathan fil khair.......sampai Assyaikh Muhammad Zainuddin Abdul Madjid al-Anfenaany.



3) Dalam Kitab pengantar Bughyah al-Musytarsidin...kata akhirnya Al-Muhib al-Anfenany.



Itu semua mempertegas Rinjani yang tertinggi di jagat dunia ini adalah Maulanassyaikh yg dikenal keilmuan, kealiman dan perjuangannya. Susah mencari tandingannya pada zamannya.
Ketiga: acapkali Maulanassyaikh bercerita tentang Gunung Rinjani beliau selalu berkata Rinjani wa maa adroka maa Rinjani.



Apapun yang terjadi dengan Rinjani beliau selalu mengatakan Apa hikmah di balik itu semua. Tahun 1994 gunung Rinjani pernah mengeluarkan lumpur tanah yang menyebabkan aliran Sungai se-kecamatan Aikmel yang berada di bawah lembah gunung Rinjani meluap dan banjir lumpur di sepanjang alirannya. Beliau berucap Pade inget inget selapuk anak2ku murid2ku Rinjani nengke jangkenne ngentut (ingat2 rinjani sdg kentut) ngumbe akibatne jemak tegehne ngutak (bagaimana akibatnya besok jika meletus).



Pada tahun 1995 rinjani pernah mengeluarkan abu yg bisa membuat masyarakat Lombok begitu susah menghindar dari debu gunung rinjani itu.

Begitu tahun 1997 awal hujan tak kunjung turun negara sudah mulai tidak stabil maka Maulanassyaikh tidak diinginkan hidup oleh Allah di era fitnah maka beliau pindah ke hadirat Allah diwafatkan di akhir tahun 1997 setelah itu apa yg terjadi krisis moneter krisis kepemimpinan. demonstrasi besar2 an untuk menggulingkan soeharto..itulah yg disebut oleh nabi. Mautul aalimi zulmun meninggalnya orang yg alim itu adalah fitnah dan malapetaka.



Gunung Baru Jadi adalah gunung baru yg mmberikan teguran kepada semua yg tidak menjalankan amanah Allah. Teguran terhadap ketidakadilan teguran terhadap kethamaan duniawi...coba berenunglah kenapa gunung baru jari yg meletus kenapa enggak gunung rinjani yg tinggi itu...artinya sudah banyak yg tidak tahu arti kemuliaan keagungan ketinggian kehormatan dan keteladanan...Maka Maulanassyaikh cukup beliau bernasihat Assirru Arrobbany bi Rinjaany alanfenaany. tak ada ungkapan yg paling utama selain Hasbunallahu wa nikmal wakiil nikmal maula wa nikma annashir wa la haula wala quwwata illa billahil aliyyil aziem...ini tertulis dlm doa sirrurrabbani yg diijazahkan 20 tahun silam.

Comments


EmoticonEmoticon